CIPTA KSATRIA

Yayasan Cipta Ksatria, nama ini menggambarkan semangat menciptakan ksatria-ksatria cahaya yang akan menjadi penerangan bagi sesama dengan pengetahuan dan kemoralan.

 

MOTIVASI 
Beasiswa Guru Buddhis berupaya mewujudkan impian calon guru Buddhis dalam menjadi guru sekolah yang baik dan benar bagi generasi muda Indonesia, terutama dalam komunitas Buddhis. Caranya dengan memberikan Beasiswa S1 Keguruan (untuk berkuliah S1 di universitas jurusan keguruan) kepada pemuda-pemudi berkualitas.

VISI 
Membantu mencetak pendidikan yang berbasis nilai-nilai Dhamma di sekolah-sekolah Buddhis dan komunitas Buddhis.

MISI
1. Menghasilkan tenaga pendidikan yang profesional dan berkepribadian berbasis Dhamma
2. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan yang unggul, profesional, sesuai Dhamma, dan mampu membangun masyarakat, terutama masyarakat Buddhis, di Indonesia untuk kebaikan bersama.

TUJUAN
Memberikan kesempatan kepada calon-calon guru dan guru-guru yang telah mengabdi untuk mewujudkan impian mereka menjadi guru yang berkualitas secara akademis dan secara Dhamma.

LATAR BELAKANG PROGRAM
Program Beasiswa ini berawal dari keprihatinan melihat kondisi sekolah-sekolah Buddhis yang sangat kekurangan guru Buddhis. Hal ini ternyata kondisi yang endemik (menyebar luas), akut, lintas sekolah, dan lintas sekte.

Melihat ini, tim Beasiswa melihat bahwa sebenarnya ada jalan keluar yang cerah asalkan semua elemen Buddhis yang ada di Indonesia bekerja sama membangun masa depan pendidikan berbasis prinsip-prinsip Buddhis demi kesejahteraan semua makhluk.

Ide, kajian dan riset mengenai kebutuhan dan solusi yang menelurkan beasiswa ini sudah ada sejak tahun 2015. Pada bulan Juli 2016, dengan dukungan Bhante Sukhemo Mahathera dan anggota Sangha lainnya, program ini diluncurkan dengan berbasis pada Yayasan Sinar Dharma yang menaungi Sekolah Sinar Dharma.

Meskipun dibawah asuhan kedua organisasi ini, Beasiswa Guru Buddhis bersifat terbuka, lintas sekolah dan lintas sekte untuk kepentingan perkembangan Dhamma dan untuk kesejahteraan semua.

Di 15 September 2018, dengan bantuan pro bono dari Notaris Daniel, S.H., M. Kn, berdirilah Yayasan Cipta Ksatria atas dasar Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Nama ini dipilih agar

 

KEGIATAN UTAMA

  1. Menemukan bibit unggul penerima beasiswa guru Buddhis.
    Menemukan para dermawan yang peduli pada pendidikan dan masa depan Buddhis.
  2. Sosialisasi tentang krisis guru Buddhis di Indonesia dan solusinya; juga mengadakan pelatihan motivasi dan pemberdayaan bagi pemuda-pemudi di daerah yang membutuhkan bahwa mereka mampu meraih apapun impian mereka.
  3. Mengajak berbagai pihak yang peduli pendidikan untuk bekerja-sama karena ini adalah upaya bersama untuk bersama.
  4. Merawat dan mendampingi para pemuda-pemudi penerima beasiswa untuk menggapai tujuan menjadi guru yang berkualitas dan bermoral berdasarkan Dhamma.